07 Oktober 2019 01:34 wib
  • prestasi-akademik

Alhamdulillah, telah dilaksanakan kegiatan seminar nasional V Fourth Postgraduate Bio Expo 2019 yang diselenggarakan oleh Program Pasca Sarjana Pendidikan Biologi Unimed. Dalam hal ini, salah seorang mahasiswa Tadris Biologi, Adi Hartono mendapatkan kesempatan untuk menjadi pemakalah dalam acara seminar tersebut. Beliau menyampaikan materi tentang usaha peningkatan mutu pendidikan berbasis Transferable Skill dan Kecerdasan Jamak (Multiple Intelligence) untuk menciptakan generasi yang unggul di era revolusi industri 4.0.

Melalui acara yang dilaksanakan oleh Program Pascasarjana Prodi Pendidikan Biologi Unimed tanggal 5 Oktober 2019 menghadirkan 3 narasumber diantaranya Prof. Syawal Gultom, M.Pd. dari Universitas Negeri Medan, Prof. Dr. Dahelmi, M.Sc., dari Universitas Andalas dan Dr. Siti Sriyati, M.Si. Adi Hartono mahasiswa semester V Prodi Tadris Biologi sebagai salah satu peserta berhasil mendapatkan prestasi sebagai pemakalah terbaik, hal ini disambut baik oleh pihak Prodi sebagai satu dari banyak prestasi yang ditoreh oleh mahasiswa Tadris Biologi FITK UINSU Medan. Hal ini juga diharapkan menjadi motivasi untuk seluruh civitas akademik Prodi Tadris Biologi yang merupakan Prodi baru tahun 2016 dan telah mendapat Akreditasi B.

Tak dapat dipungkiri bahwa di era revolusi industri 4.0 ini, ada banyak tantangan yang harus dihadapi termasuk fenomena disrupsi dalam berbagai bidang. Kenyataan ini membawa paradigma dan visi baru yang menuntut manusia untuk dapat berpikir dan bertindak secara akurat dan komprehensif. Untuk itu, diperlukanlah suatu terobosan baru dalam sistem pendidikan sebagai lokomotif terhadap peningkatan integritas diri peserta didik.
Transferable Skill yang diusungkan dapat meningkatkan elektabilitas siswa terhadap kompetensi Critical Thinking, Communication, dan Technology. Konsep ini dapat dipadukan dengan konsep Kecerdasan Jamak (Multiple Intelligence) untuk memaksimalkan seluruh potensi peserta didik. Akhirnya, melalui pengembangan sistem pendidikan berbasis Transferable Skill dan Kecerdasan Jamak (Multiple Intelligence) diharapkan dapat menjadi suatu sinergi untuk meningkatkan kualitas pendidikan demi menciptakan generasi yang unggul di era revolusi industri 4.0