25 Oktober 2020 14:49 wib
  • teknologi-informasi

Dalam masa Pandemi Covid-19 yang mengharuskan aktifitas perkuliahan dan administrasi lainnya dilakukan secara daring membuat Prodi Tadris Biologi mengimprovisasi Ujian Komprehensif dalam bentuk daring. Ujian Komprehensif adalah ujian lisan yang dilaksanakan untuk mengukur pemahaman dan penguasaan teoritis mahasiswa, baik dalam bidang ilmu fakultas secara umum maupun bidang keilmuan jurusannya secara khusus, dan dalam hal ini pengetahuan tentang biologi.

Berdasarkan SOP Un-11.JSOPP-04-24.R0 dan SOP Khusus Tadris Biologi ada beberapa persyaratan bagi mahasiswa untuk dapat melakukan ujian tersebut, yaitu (1) Mahasiwa UIN Sumatera Utara yang masih terdaftar dengan menunjukkan kartu tanda mahasiswa (KTM) dan kuitansi pembayaran SPP; (2) Lulus seluruh mata kuliah dengan ditujukkan dengan transkip nilai sementara; (3) Lulus praktikum terpadu yang ditunjukkan dengan laporan praktikum mahasiswa/surat keterangan lulus kartu D; (4) Lulus kegiatan ko-kulikuler yang ditunjukkan dengan kartu E/surat keterangan lulus kegiatan ko-kulikuler (SKK), (5) Memiliki pedoman ujian komprehensif; (6) Penguji adalah dosen tetap dimasing-masing Fakultas UIN Sumatera Utara dengan jabatan fungsional Lektor dengan gelar kesarjanaan S-2; (7) Ketua dan Sekretaris ujian komprehensif merangkap sebagai penguji dan (8) Mengisi tabel dibawah ini, yang bertujuan mengontrol kehadiran mahasiswa yang menyaksikan ujian komprehensif dari Prodi Tadris Biologi dan Prodi lain. Yang tertuang juga dalam Buku Laporan Akademik Mahasiswa yang diterbitkan oleh Prodi yang berguna untuk mengontrol dan pendataan bagi Prodi pada mahasiswa yang sudah menjalani semester tingkat atas.

Dalam Ujian Komprehensif Daring ini diikuti oleh 3 orang mahasiswa semester VIII yaitu Ifrah Syahmina, Nancy Meigi Vera, Ismi Fahrunnisa Rambe. Dosen penguji diantaranya  Dra. Rosnita, MA (bidang agama 1); Drs. Khairuddin, M.Ag (bidang agama 2) Indayana Febriani Tanjung, M.Pd (bidang pendidikan 1) Khairuna, M.Pd (bidang pendidikan 2).