25 Oktober 2020 14:59 wib
  • prestasi-akademik

Airlangga Maritime Week (AMW) merupakan suatu ajang kompetisi tahunan di bidang penulisan karya ilmiah yang diselenggarakan oleh Fakultas Perikanan dan Kelautan Universitas Airlangga. Melalui kompetisi ini, generasi muda diharapkan dapat berperan aktif dengan mencetuskan ide-ide kreatif dan inovatif untuk mengatasi berbagai masalah yang dihadapi bangsa, terutama di bidang perikanan dan kelautan. Dengan demikian, generasi muda sebagai aset masa depan bangsa dapat berkontribusi dalam mengelola perikanan yang bersifat berkelanjutan guna mengoptimalkan potensi-potensi sektor perikanan dan kelautan hingga terwujudnya Indonesia sebagai poros maritim dunia.

Alhamdulillah, salah seorang mahasiswa Jurusan Tadris Biologi beserta 2 orang timnya yang bernama Nurhasanah dari Jurusan Pendidikan Matematika dan Wirda Seputri dari Jurusan Ekonomi Islam berhasil menyabet peringkat juara 2 Lomba Karya Tulis Ilmiah Nasional Airlangga Maritime Week (AMW) tahun ini. Mereka terintegrasi dalam suatu tim bernama Alinea yang dibimbing oleh ibu Indayana Febriani Tanjung, M.Pd dan bapak Muhammad Iqbal H. Tambunan, M.Pd. Dalam risetnya, mereka mengangkat penelitian dengan judul, “Implementasi IMTA (Integrated Multi Trophic Aquaculture) Berbasis Ekosistem Lokal dalam Budidaya Ikan Kerapu (Epinephelus sp.) sebagai Potensi Ikan Sumatera Utara yang Berkelanjutan”. Penelitian tersebut termasuk ke dalam Sub Tema Lingkungan. Melalui penelitian ini, peneliti berharap dapat turut serta memberikan kontribusi dalam melakukan sistem budidaya ikan Kerapu sebagai potensi khas perairan Sumatera Utara melalui penerapan IMTA berbasis Ekosistem lokal. Sehingga, para peternak ikan Kerapu dapat memproduksi ikan Kerapu dalam jumlah besar ditambah adanya keuntungan tambahan berupa perairan laut yang asri dan komponen organisme khas perairan Sumatera Utara pada tiap-tiap tingkatan trofik yang dapat dipanen dan bernilai Ekonomi.

Dalam meraih peringkat juara ini, Adi Hartono selaku ketua tim merasa bersyukur kepada Allah SWT sekaligus merasa bahagia karena berkesempatan untuk belajar penulisan karya ilmiah yang baik. Begitu pula dengan Nurhasanah yang merasa terharu karena telah dibimbing oleh 2 orang dosen pembimbing hebat. Wirda juga menambahkan bahwa ia merasa bahagia sekaligus bersyukur karena berhasil menyabet juara dalam kompetisi kali ini. “Hal terpenting bagi kami ialah tekad yang kuat untuk tetap belajar dan selalu bersyukur atas segala ni’mat yang telah diberikan oleh Allah SWT. Tetap rendah hati dan terus berjuang dalam mengukir prestasi”, pungkas tim Alinea.