Medan, 17 Oktober 2025. Program Studi Tadris Biologi kembali menyelenggarakan kegiatan kuliah tamu pada Mata Kuliah Evaluasi Pembelajaran Biologi dengan mengusung tema “Pemanfaatan Teknologi Digital dalam Evaluasi Pembelajaran Biologi Berbasis Keterampilan Abad 21”. Acara ini menghadirkan narasumber Guru Praktisi berpengalaman, Davindra Joni Pratama, S.Pd., Gr., M.Pd., yang telah banyak menerapkan inovasi digital dalam proses penilaian pembelajaran di sekolah.

Kegiatan yang berlangsung pada hari jum’at tersebut mendapat antusiasme tinggi dari mahasiswa semester tiga Tadris Biologi yang sedang mempelajari konsep evaluasi pembelajaran Biologi secara mendalam. Dalam pemaparannya, narasumber menekankan pentingnya asesmen yang mampu mengukur aspek keterampilan berpikir kritis, kreativitas, kolaborasi, dan komunikasi—empat keterampilan utama yang menjadi fondasi 21st Century Skills.
Davindra menjelaskan bahwa pemanfaatan teknologi digital tidak hanya mempermudah mekanisme penilaian, tetapi juga meningkatkan akurasi data belajar serta memberikan umpan balik yang cepat dan relevan kepada peserta didik. “Guru saat ini harus siap melakukan transformasi digital, termasuk dalam evaluasi pembelajaran. Banyak aplikasi dan platform yang dapat digunakan untuk menyusun asesmen autentik dan mendorong partisipasi aktif siswa,” ujarnya dalam sesi materi.

Mahasiswa juga diberikan kesempatan untuk mencoba langsung beberapa media evaluasi digital seperti kuis interaktif, rubric berbasis aplikasi, dan analisis hasil belajar melalui dashboard digital. Sesi praktik ini memberikan pengalaman baru dalam merancang penilaian yang sesuai dengan perkembangan teknologi dan kebutuhan kurikulum terbaru.
Ketua Program Studi Pendidikan Biologi, Kartika Manalu, M.Pd. menyampaikan apresiasi kepada narasumber dan menegaskan bahwa kegiatan seperti ini menjadi bagian dari upaya peningkatan kualitas kompetensi calon guru biologi di masa mendatang. “Melalui kuliah tamu ini, kami berharap mahasiswa mampu menerapkan asesmen berbasis teknologi yang lebih inovatif dan relevan dengan dunia pendidikan hari ini,” ungkapnya.
“Materi yang disampaikan sangat membuka wawasan kami tentang bagaimana evaluasi pembelajaran dapat dilakukan lebih kreatif dan tidak hanya berfokus pada tes tertulis,” ujar salah satu mahasiswa peserta kuliah tamu.

Acara ditutup dengan sesi diskusi dan foto bersama, di mana mahasiswa menyampaikan ketertarikan mereka untuk mengeksplorasi lebih jauh penerapan digital assessment dalam pembelajaran biologi. Kegiatan ini menjadi langkah penting dalam menyiapkan pendidik yang adaptif, kreatif, dan kompeten menghadapi era transformasi digital.
